Langkah-langkah Mendapatkan Domain Murah Untuk Website/Blog

Memiliki sebuah website marupakan impian banyak orang, apalagi website tersebut sudah bisa mendatangkan pendapatan finansial. Sebuah website/blog dapat diperoleh secara gratis, ada dua penyedia blog gratis yang sangat populer saat ini yaitu blogspot dari blogger besutan dari google dan wordpress product dari wordpress.com. Tetapi sebelum kita berbicara jauh bagaimana cara mendapatkan domain murah dari sebuah website, alangkah bijaknya untuk memahami terlebih dahulu istilah-istilah dasar yang harus dipahami di dunia website berikut ini.

Apa itu domain ?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

Jenis-jenis level domain

* Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti : .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org (dotorganization), .edu (doteducation), .gov (dotgoverment), .mil (dotmilitary), .info (dotinfo), dan lainnya.

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu :

1. Global Top Level Domain (gTLD) adalah TLD yang diperuntukkan untuk semua kebutuhan tertentu secara umum di dunia, seperti yang pada di list diatas

2. Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).


** Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misal domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, sambimatika.my.id.

Penjelasan

domainku = SLD            .com = TLD

sambimatika = SLD       .my.id = TLD (ccTLD Indonesia)


*** Third Level Domain (sub domain)

Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misal domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau matematikasmpmts.sambimatika.my.id.

Penjelasan

mail = Third Level Domain (sub domain)  domainku = SLD  .com = TLD

matematikasmpmts = (sub domain)    sambimatika = SLD   .my.id = TLD (ccTLD Indonesia)


Syarat Pendaftaran Domain Indonesia

1. co.id

co.id diperuntukkan bagi badan usaha/organisasi/entitas bisnis, atau sejenisnya yang berbadan hukum dan beroperasi di Indonesia, yang dibuktikan dengan kepemilikan Akta/Surat ljin Usaha Perdagangan/Surat ljin Usaha Jasa/Surat ljin Tetap (Perdagangan, Industri, Transpoftasi, Pariwisata atau jasa sejenis lain) baik di tingkat Pusat, Daerah, berbentuk PT (Perseroan Terbatas)î PK (Perseroan Komanditer/CV) atau Firma. Dokumen yang dipersyaratkan adalah :

a. SlUP/TDP/AKTA/Surat ljin yang setara.

b. KTP/Paspor

c. Sertifikat Merek (bila ada).


2. .net.id

net.id, diperuntukkan bagi badan usaha/organisasi/entitas yang bergerak di bidang telekomunikasi (ISP, Telco, VSAT, Selular/Mobil atau sejenis). Dokumen yang dipersyaratkan adalah:

a. Surat ljin Prinsip/Penyelenggaraan Usaha Bidang Telekomunikasi dari kementerian yang membidangi Komunikasi dan Informatika.

b. KTP/Paspor.


3. .ac.id

.ac.id, diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan Tinggi/organisasi/entitas yang memiliki izin/akreditasi penyelenggaraan Pendidikan Tinggi . Dokumen yang dipersyaratkan adalah :

a. SK Pendirian Lembaga dari Kementerian/Lembaga yang berwenang sesuai Peraturan Perundangan.

b. Surat Keterangan Rektor atau Pimpinan Lembaga,

c. KTP/Paspor.


4. .sch.id

.sch.id, diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah, yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian lainnya, termasuk pendidikan non-formal (luar sekolah) yang diakui oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). 

Dokumen yang dipersyaratkan adalah: 

Untuk sekolah formal

a. Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga.

b. KTP/Paspor.

Untuk Pendidikan non-formal yang diakui oleh SKPD

a. SK Pendirian Lembaga dari Kementerian atau SKPD terkait.

b. KTP/Paspor.


5. .or.id

.or.id, diperuntukkan bagi organisasi sosial, politik, pemuda, kemasyarakatan, perkumpulan, komunitas, himpunan dan sejenis. Dokumen yang dipersyaratkan adalah:

a. Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan.

b. KTP/Paspor.


6. .biz.id

.biz.id, diperuntukkan bagi perorangan/organisasi/entitas bisnis tingkat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dokumen yang dipersyaratkan adalah:  KTP/Paspor.


7. .web.id

.web.id, diperuntukkan bagi perorangan/organisasi/entitas lain. Dokumen yang dipersyaratkan adalah. KTP/Paspor.


8. .my.id

my.id, diperuntukkan bagi perorangan/organisasi/entitas lain.Dokumen yang dipersyaratkan adalah KTP/Paspor.


9. .desa.id

.desa.id. Peruntukan maupun persyaratan Nama Domain desa.id diatur dalam Peraturan Menteri yang membidangi Komunikasi dan Informatika


10. id

.id diperuntukkan bagi Warga Negara Republik Indonesia dan/atau Badan Usaha/entitas/sejenisnya. Dokumen yang dipersyaratkan adalah KTP/Paspor.


Nah, sudah faham kan, apa itu dimain dan persayaratan yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan domain impianmu, jangan salah pilih ya, pilihlah nama domain sesuai peruntukannya.


Selanjutnya bagaimana mendapatkan domain impainmu?

Saat ini sudah banyak penyedia layanan untuk pembelian domain yaitu :

  1. Domainesia
  2. Indotarget
  3. Niagahoster
  4. Namecheap
  5. Dewaweb
  6. Namesilo
  7. IDWebhost
  8. RumahWeb
  9. ArdHosting
  10. IDCloudHost
  11. IndoWebsite

Tentunya para penyedia layanan ini memberikan harga yang menarik dari domain paling murah Rp. 15.000 pertahun sampai yang paling mahal. Pada kesempatan ini akan direview cara pembelian domain di Indotarget.


Langkah-langkah pembelian domain di Indotarget

1. Klik alamat link Indotarget di alamat http://domainid.indotarget.net/

2. Registrasi sebagai Customer



3. Isi semua data yang diminta


4. Klik tombol Add Customer

5. Login sebagai Customer dengan memasukkan email dan password yang sudah didaftarkan diatas

6. Dari menu home cek ketersediaan domain, dengan cara ketik nama domain (SLD) dan centang TLD yang anda inginkan misal .com, .id dan lainnya, lalu klik tombol Order now. Jika domain tidak tersedia akan muncul seperti gambar berikut dan anda bisa cek mana domain yang lain.


7. Jika berhasil akan muncul seperti ini, lalu klik Order


8. Klik menu Period, lalu pilih berapa tahun periode pembelian anda, setelah itu klik Save


9. Halaman akan kembali ke menu home dan klik Continu


10. Lakukan perubahan waktu periode pembelian jika belum tepat dan klik Chekout, kemudian pilih mode pembayaran, lalu klik chekout

11. Anda akan menerika invoice di email yang berisi harga yang harus dibayar dan alamat pembayarannya.

12. Lakukan pembayaran dan kirim bukti pembayaran melalui link yang sudah disediakan di domain anda.

13. Tunggu sampai admin selesai memverifikasi domain anda dan jika domain anda sudah aktif maka akan muncul tanda aktif di status domain anda.


Demikian cara mendapatkan domain murah untuk website/blog, selanjutnya akan dibahas bagaimana cara membuat website dengan domain yang sudah diperoleh pada postingan berikutnya

Post a Comment

Previous Post Next Post