Satu Jam Khatam Al-Qur'an Pada Samarak Ramadhan 1442 H MAN 2 Lombok Timur Tahun 2021 M

nurmankarim.my.id - Ramadhan, bulan penuh barokah dan penuh kemuliaan. Pada bulan ini, nilai ibadah dilipatgandakan oleh Allah SWT. Dalam rangka meraih kebarokahan dan kemuliaan bulan mulia ini, berbagai kegiatan digalakkan ummat muslim. Begitu pula halnya dengan keluarga Besar MAN 2 Lombok Timur di bawah pimpinan Mehram, S.Pd. Salah satu kegiatan yang diupayakan Kepala MAN 2 Lombok Timur yakni Program Semarak Ramadhan Satu Jam Khatam Al-Qur’an
Untuk menyukseskan program Satu Jam Khataman Al-Qur’an ini, Mehram, S.Pd. membentuk kepanitiaan yang diketuai oleh Ahmad Sauki, M.Pd. ( salah seorang dewan Guru MAN 2 Lombok Timur yang merupakan alumnus Ponpes Jombang, Jawa Timur). Program satu jam khataman Al-Qur’an memang terkesan imposible. Namun, alumnus Jombang yang sekaligus Alumnus Pasca Sarjana UIN Mataram ini membangun manajerial system kelompok. Seluruh peserta didik di MAN 2 Lombok Timur dibentuk menjadi beberapa kelompok. Kelompok yang dibentuk sejumlah juz Al-Qur’an yakni 30 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5-7 orang. Tiap kelompok dibimbing oleh satu atau dua orang guru.
Adapun kegiatan yang diagendakan untuk masing-masing kelompok dalam menyukseskan program Semarak Ramdhan yakni tadarrusan Al-Qur’an, Shalat Duha, tausiah, dan Tanya jawab seputar Agama Islam. Kepala MAN 2 Lombok Timur sangat mengeapresiasi manajemen yang diterapkan oleh ketua panitia dalam menyukseskan program Satu Jam Khatam Al-Qur’an. “ Salah satu Kunci kesuksesan program adalah ketepatan manajemen. Sebagai alumni Manajemen, kami yakin, ketua panitia ( Ahmad Sauki, M.Pd.-red) mampu menyukseskan kegiatan ini. Oleh karena itu, kami sambut dan dukung penuh system yang diterapkan ketua Panitia dengan dibentuknya system berkelompok dalam menyukseskan program satu Jam Khataman Al-Qur’an ini,” jelas Beliau.
Dalam kesempatan lain, Ahmad Sauki, M.Pd. mengungkapkan bahwa sehebat-hebat manajemen jika tidak didukung oleh keterlibatan dan rasa tanggung jawab semua unsure yang terlibat maka manajamen hanyalah akan jadi cerita basi yang tidak akan berpengaruh besar terhadap ketercapain tujuan program. “Manajemen ini kan hanya sebuah upaya pengelolaan untuk mencapai tujuan. Dalam pengelolaan, komponen-komoponen yang terlibat harus bertanggung jawab untuk menyukseskanya. Dan dalam program satu Jam Khataman Al-Qur’an ini, kita semua adalah manajer pada post-post kita masing-masing. Oleh karena itu, dukungan dan rasa tanggung jawab kita semua adalah suatu keniscayaan, “terangnya.
         Program semarak ramadhan 1442 H diagendakan selama empat hari. Sesuai target, setiap hari, ketua panitia mengagendakan peserta didik harus khatam Al-Qur’an dalam satu jam. Kegiatan ini pun berjalan lancar berkat dukungan penuh seluruh komponen madrasah di MAN 2 Lombok Timur. Sebagai kegiatan puncak, ketua panitia mengadakan lomba tartil Al-quran. Masing-masing kelompok mengutus satu atau dua orang peserta terpilih untuk mengikuti lomba ini . Kepala MAN 2 Lombok Timur mengungkapkan terima kasih dan rasa sykukur mendalam atas kesuksesan kegiatan ini. “Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar berkat dukungan kita bersama. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika MAN 2 Lombok Timur yang telah mengupayakan keberhasilan program ini,”ungkapnya dalam penutupan acara Semarak Ramadhan 1442 H.  Kegiatan ini ditutup pada Kamis, 29 April 2021, sekitar jam 10.00 wita. di Mushalla MAN 2 Lombok Timur. (Redaksi)

Post a Comment

Previous Post Next Post